Penyebab Mager dan Cara Supaya Tidak Mager

Males gerak atau mager merupakan sebuah penyakit yang sudah banyak mewabah di kehidupan manusia. Gue juga merupakan salah satu korban yang terkena penyakit kemageran ini, makanya update posting blog gue sempat terhambat.

Sebenarnya mager itu apa sih? Ya seperti dari katanya, malas gerak, dimana kita berada di posisi yang sudah enak dan nyaman (tidur-tiduran, lagi nyantai, udah posisi nyaman) dan gak mau kemana-mana lagi. Tapi hal tersebut bukan hanya menyangkut bergerak aja, tapi terhadap rutinitas juga. Jadi mager itu bisa terjadi karena sudah nyaman dengan sebuah rutinitas. Sehingga untuk melakukan rutinitas lain jadi susah.

Nah, mungkin itu sekilas penjelasan tentang mager, sekarang kita lanjut ke penyebabnya. Jadi mager itu bisa disebabkan oleh beberapa faktor yaitu:

1. Begadang
Begadang bisa membuat anda kemungkinan menjadi mager keesokan harinya. Sehingga waktu sehari bisa jadi tidak efektif. (Baca juga: Dampak positif dan negatif dari begadang)

2. Lelah/Mengantuk
Karena merasa lelah dan ngantuk, otomatis jadi mager buat melakukan aktivitas apapun.

3. Terlalu Banyak Mikir / Bingung
Sering kita dihadapi dengan berbagai masalah, kadang masalah tersebut bisa membuat kita bingung. Nah, hal ini menyebabkan kita jadi mager, karena kita terlalu pusing memikiran cara mengatasi masalah tersebut

4. Keseringan Diam
Terlalu sering diam dan jarang bergerak bisa membuat kita jadi suka mager lho.

5. Rutinitas yang Pasif
Mager juga bisa diakibatkan oleh rutinitas yang pasif. Maksudnya pasif itu rutinitas yang minim gerakan seperti tidur-tiduran, main game, main komputer, nyantai dsb.

6. Bosan
Rasa bosan juga bisa membuat kita menjadi mager dan gak ingin melakukan apapun.

Mager-mageran emang enak sih, cuman kalau keseringan dan kelamaan bisa bikin buang-buang waktu. Otomatis kita jadi lambat dalam bergerak dan suka menunda-nunda. Maka dari itu, ini beberapa cara yang gue lakukan agar bisa mengurangi rasa kemageran:

1. Jangan Sering Begadang
Yang pertama sudah jelas. Karena tubuh kita ini butuh istirahat yang cukup, jadi jangan terlalu sering begadang. Nanti kalau tidur kurang, badan jadi mudah lelah. (Baca juga: Cara supaya merasa segar saat bangun pagi)

2. Jangan Terlalu Banyak Tiduran
Terlalu banyak nyantai atau tidur-tiduran membuat mager semakin menjadi-jadi. Makanya, coba gerak-gerak dulu, kayak mondar-mandir di kamar atau mondar mandir keliling rumah.

3. Kemauan Dalam Diri
Tentu kalau ingin berhenti mager, ya harus ada kemauan dari dalam diri kita sendiri.

4. Langsung Kerjakan, Jangan Terlalu Banyak Mikir
Sebenarnya ini yang paling efektif. Jadi gak perlu banyak dipikirin, langsung aja dikerjain. Nanti magernya bakal hilang dengan sendirinya.

5. Cari Teman yang Gak Mager
Teman mempengaruhi kita dalam melakukan sesuatu. Cobalah cari teman yang rajin, supaya anda terpicu untuk gak mager-mageran. Selain itu, teman juga bisa membantu menghilangkan rasa bosan dibanding sendirian.

6. Buat Deadline
Mager itu bisa disebabkan karena masih ada banyak waktu yang lowong untuk mengerjakan sesuatu. Maka dari itu, buat deadline sehingga anda gak jadi terlalu santai-santai.

7. Kerjakan dengan Efektif
Kalau mager memang agak susah untuk mengerjakan sesuatu dengan cepat. Untuk itu, ada baiknya bekerjalah denga efektif dan efisien.

Bookmark and Share
Share

About the Author

nduy

No Comments

Tinggalkan Balasan